WordPress telah memudahkan kita dalam membuat sebuah blog, namun mendatangkan pengunjung website bukanlah tugas yang mudah.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa strategi yang telah dicoba dan diuji bekerja dengan baik dalam mendatangkan pengunjung. Semoga tips berikut bermanfaat mendatangkan pengunjung ke blog anda.

 

1. Gunakan Judul yang Kuat dan Menarik

Hal pertama yang dibaca pengunjung website dari hasil mesin pencari adalah judul artikel Anda. Tentu saja, tidak ada yang ingin mengklik judul artikel yang membosankan, namun judul yang kuat dan atraktif dapat menarik minat pengunjung website.

Di sebagian besar tema WordPress, judul artikel Anda diterjemahkan ke dalam judul meta halaman. Judul meta ini menunjukkan topik artikel Anda ke Google dan mesin pencari lainnya.

2. Optimalkan Untuk Kata Kunci

Semua blogger sukses telah mengoptimalkan konten mereka berdasarkan kata kunci. Anda perlu melakukan penelitian kata kunci yang tepat untuk menemukan kalimat dan kata-kata yang diketik oleh audiens target Anda di Google dan mesin pencari teratas lainnya.

Alih-alih menebak kata kunci untuk artikel Anda, pertimbangkan untuk menggunakan beberapa alat bermanfaat seperti SEMrush dan Perencana Kata Kunci Google Ads. Dengan cara ini, Anda dapat menemukan istilah yang benar-benar diminati orang dan kata kunci yang tidak memiliki terlalu banyak persaingan.

Anda harus memastikan memilih kata kunci yang memiliki volume lalu lintas yang baik, namun pertimbangkan juga tingkat persaingan kata kunci tersebut. Memiliki persaingan yang lebih sedikit dapat membantu peringkat halaman yang lebih baik dari setiap artikel yang anda buat.

3. Optimalkan Kecepatan  WordPress

Terbukti bahwa waktu pemuatan (loading) website merupakan salah faktor peringkat dalam SEO, Google cenderung berasumsi bahwa website yang cepat adalah website yang berkualitas.

Mengoptimalkan WordPress Anda membantu pemuatan halaman blog Anda lebih cepat. Gambar umumnya penyebab terbesar yang memperlambat website Anda. Jadi Anda harus mengoptimalkan gambar terlebih dahulu sebelum diupload kedalam website dengan menggunakan software atau plugin pengoptimalan gambar seperti Smush, Imagify, atau Optimus.

Mengaktifkan caching di WordPress Anda juga membantu meningkatkan kecepata. Anda dapat menyimpan data website secara lokal dengan caching, sehingga mengurangi sebagian besar beban server. Dengan menggunakan cache, Website Anda akan dimuat lebih cepat dari sisi pengunjung, terutama untuk pengunjung yang datang berulang kali.

4. Manfaatkan Media Sosial

Cobalah membangun kehadiran Anda di beberapa platform Sosial Media populer saat ini, sepertiL Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan Pinterest. Posting beberapa kali sehari di Sosial Media tersebut dan bagikan artikel blog Anda.

Anda juga harus menyertakan tombol berbagi sosial dengan posting blog Anda untuk membuat berbagi ke Sosial Media lebih mudah untuk audiens Anda. Ini memungkinkan pengunjung blog membagikan artikel website ke berbagai platform sosial. Hal Ini secara dramatis meningkatkan kemungkinan posting blog Anda menjadi viral.

5. Strategi Tautan Internal

Menautkan artikel yang terkait satu dan lainnya. Pengunjung Anda mungkin tertarik dengan konten terkait tersebut dan membaca lebih banyak posting blog Anda, sehingga meningkatkan tampilan halaman Anda. Ini juga meningkatkan kemungkinan pengunjung membagikan konten blog Anda karena mereka menganggapnya berharga.

6. Jadilah ‘Blogger Tamu’

Blogging tamu melibatkan pembuatan konten untuk situs web lain untuk saling menguntungkan. Ini membantu Anda membangun otoritas Anda di dunia blogging sambil menarik lebih banyak pengunjung ke website Anda.

Menjadi blogger tamu memungkinkan Anda untuk menyebarkan berita tentang blog Anda ke sekelompok audiens baru dan mendatangkan lalu lintas organik. Ini memperluas portofolio kerja Anda dan membantu membangun atau meningkatkan reputasi online Anda.

7. Membayar untuk Pengunjung Website

Pertimbangkan untuk menggunakan Google Ads, Facebook Ads, Microsoft advertising, dan platform periklanan top lainnya untuk mendatangkan pengunjung ke blog Anda. Pilih dan atur dengan cermat audiens yang menjadi target website Anda.

Kami menyarankan untuk menggunakan kampanye iklan dengan anggaran mingguan dan melacak kinerja iklan di akhir minggu.

Jika Anda puas dengan hasil iklan yang dihasilkan, gunakan kriteria yang sama untuk minggu depan. Di sisi lain, jika kinerja iklan tidak sesuai harapan Anda, cobalah kriteria yang berbeda untuk menjangkau audiens target Anda.

 

Kesimpulan

Mendapatkan pengunjung website adalah insentif untuk semua hasil kerja keras yang Anda lakukan dalam membuat konten dan mengelola website Anda. Hal ini membangun nama untuk blog Anda dan meningkatkan peringkat mesin pencarinya. Semua ini mengarah pada keterlibatan dan pendapatan pengguna yang lebih baik.