5 cara meningkatkan peringkat website

5 Cara Meningkatkan Peringkat Website di Google

SEO bisa menjadi strategi marketing yang luar biasa untuk bisnis Anda. Dengan memperhatikan lima tips berikut, website berpotensi mendapatkan peringkat yang lebih baik pada mesin pencari Google.

Banyak hal telah berubah dalam SEO sejak Google pertama kali online pada tahun 1998. Satu hal yang tidak berubah adalah: Lalu lintas organik sangat dipengaruhi posisi peringkat website pada mesin pencari.

Jika Anda memiliki banyak kata kunci yang ter-indeks Google dan kata kunci tersebut muncul di 10 hasil pencarian teratas, pengunjung website akan datang sercara berkelanjutan.

Sebaliknya, jika Anda memiliki website dengan desain yang bagus dan interaktif, tetapi tidak ada satu kata kunci yang memiliki peringkat teratas maka website Anda tidak akan mendapatkan pengunjung website secara organik dari Google.

Langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan SERP Website di Google

Berapa Lama Untuk Meningkatkan Peringkat Google?
Tidak ada jawaban yang pasti, “Tergantung.”

Meskipun saya menyadari jawaban itu membuat frustrasi dan tampak seperti cara yang sis-sia, namun itulah realitanya. SEO tidak terjadi dalam ‘sekejap’ dan memiliki serangkaian variabel yang unik. Ini menuntuk keahlian, pengalaman, anggaran, tingkat persaingan, bagaimana website Anda dibangun dan dioptimasi.

Jadi, mengingat hal itu, mari kita uraikan dalam arti yang lebih terukur dan tinjau apa yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil SEO yang lebih cepat.

Selama episode AskGooglebot pada Juni 2021, John Mueller, perwakilan dari Google, mengatakan bahwa Google membutuhkan waktu “Beberapa jam hingga beberapa minggu” untuk mengindeks konten baru atau yang diperbarui. Dia juga memperingatkan bahwa hanya karena sebuah halaman sudah diindeks, bukan berarti halaman itu langsung mendapatkan peringkat.

Karena banyaknya faktor yang mempengaruhi, jangan berharap perubahan cepat dalam SERP.

Mueller mengatakan sebelumnya, meskipun Anda telah membuat perubahan drastis pada desain dan fungsionalitas website, ini masih memakan waktu berminggu-minggu, bulan atau bahkan tahun untuk memberikan dampak pada peringkat website.

Namun, ini bukan berarti Anda hanya duduk diam dan menunggu untuk meningkatkan peringkat website Anda. Berikut beberapa ide untuk mempercepat pengindeksan, seperti:

  • Mencegah server overload dengan membuat server dan website Anda lebih cepat.
  • Menautkan dengan jelas ke halaman baru.
  • Menghindari penggunaan URL yang tidak perlu, seperti filter halaman kategori.
  • Memanfaatkan metode pengiriman pengguna seperti mengunggah file peta situs, dan memanfaatkan alat inspeksi URL.

Terakhir, Mueller menegaskan cara terbaik untuk mendapatkan peringkat adalah dengan membuat konten berkualitas tinggi yang berguna bagi para pencari.

Cara Meningkatkan Peringkat Google Anda

Untuk mencapai peringkat 10 teratas hasil pencarian Google dalam waktu kurang dari setahun membutuhkan banyak kerja keras, keterampilan, dan terkadang keberuntungan.

Dan ini membawa kita kembali ke topik diskusi hari ini tentang cara meningkatkan peringkat website Anda.

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan penjualan dan konversi dengan meningkatkan peringkat website ke halaman pertama Google, berikut adalah lima langkah yang bisa diterapkan.

1. Mulailah Dengan Fondasi yang Kuat

Struktur situs web dan arsitektur informasi yang buruk dapat menghancurkan strategi SEO terbaik sekalipun.

Jika website Anda memiliki navigasi yang sulit bagi pengguna dan Google untuk merayapi, peringkat Anda kemungkinan akan menurun. Perhatikan Data Web Inti (Core Web Vitals).

Lakukan Audit SEO

Algoritma Google menggabungkan ribuan sinyal, ditambah pembelajaran mesin dan AI untuk menentukan peringkat pencarian.

2. Memberikan Pengalaman Halaman yang Luar Biasa

Google mendefinisikan pengalaman halaman sebagai “sekumpulan sinyal yang mengukur bagaimana pengguna merasakan pengalaman berinteraksi dengan halaman website selain informasi yang ditampilkan, baik di perangkat seluler maupun desktop. “

Core Web Vitals

Baik itu website dibuka melalui smartphone atau desktop, pantau kecepatannya dan terus tingkatkan. Khususnya, Largest Contentful Paint (LCP), First Input Delay (FID), dan Cumulative Layout Shift (CLS).

File Size

Umumnya ukuran file terbesar pada website adalah di Gambar yang dimasukkan. Gunakan program edit gambar favorit Anda untuk mengoptimalkan gambar mulai dari ukuran disesuaikan dengan ruang gambar yang disediakan pad halaman website.

Anda juga dapat mengoptimalkan ukuran file menggunakan aplikasi Optimizilla, Image Recycle, dan Kraken.io.

Browser Cache

Saat browser memuat halaman dan memuat sejumlah sumber daya website. Browser Cache menyimpan file tersebut di komputer pengguna.

Dengan begitu, saat pengguna menavigasi ke halaman baru, sumber daya tersebut tidak perlu dimuat kembali.

Untuk WordPress, ada plugin gratis yang tersedia untuk melakukannya, seperti WP SuperCache, Litespeed Cache, W3 Total Cache.

Script Handling

Sebelum memuat file JS dan CSS yang tak terhitung jumlahnya, Anda dapat mengecilkan file-file tersebut agar waktu muat website berjalan lebih cepat.

Dan jika mungkin untuk menggabungkan beberapa skrip menjadi satu file. Dengan begitu, hanya akan ada satu panggilan yang mengambil ke server untuk memuat semua skrip.

Mobile Friendly

Dengan evolusi pencarian dan indeks mobile-first, situs web Anda harus lulus Uji Mobile-Friendly.

Menurut Google “sistem perayapan, pengindeksan, dan peringkat kami biasanya menggunakan versi desktop, Mobil-first indexing berarti Google menggunakan versi seluler halaman untuk pengindeksan dan peringkat”

Untuk menghindari masalah pengindeksan pada peringkat seluler, Anda harus meningkatkan website pada mode ini.

HTTPS

Periksa apakah koneksi website dengan browser sudah terenkrispi dengan SSL. Jika belum, sebaiknya saat ini mulailah pergunakan SSL untuk website Anda.

3. Optimalkan Halaman Anda Untuk Google

Tidak perlu menulis konten bagus untuk membuat pengunjung membaca hingga paragraf terakhir.

Untuk memenuhi informasi yang mereka butuhkan, mulailah dengan intro singkat yang menginformasikan kepada pembaca inti dari artikel.

Beri tahu Google Tentang Apa Halaman Anda

Menambahkan data terstruktur di seluruh website Anda. Dengan begitu, Google dapat dengan mudah memahami tentang konten Anda.

Schema.org adalah format yang disukai oleh Google. Jenis skema termasuk resep, bisnis, produk, penulis, dan banyak lagi.

Buat Judul Artikel Singkat

Selain mematikan pembaca Anda karena tidak mungkin mendapatkan info yang lengkap, judul yang terlalu panjang juga akan memberi dampak SEO website Anda.

Agar sesuai dengan panjang SERP, usahakan membuat judul Anda antara 135 dan 159 karakter. Plugin SEO dapat membantu Anda mengidentifikasi judul dengan karakter berlebihan.

Buat Judul Unik & Deskripsi Meta

Meskipun judul dan deskripsi meta tidak berdampak langsung pada SEO website, hal ini cukup signifikan dalam menggambarkan nilai konten di SERP.

Jika dilakukan dengan benar, ini dapat meningkatkan rasio klik-tayang dan meningkatkan lalu lintas pengunjung website.

Jadi, pastikan menulis judul yang unik dengan deskripsi yang sederhana dan menarik yang juga mengandung kata kunci target.

4. Optimalkan Untuk Maksud Pencarian

Evolusi pencarian modern berakar pada Hummingbird, kemudian dilengkapi oleh Rankbrain dan kemudian BERT.

Permainan akhir untuk Google adalah lebih memahami konteks pencarian untuk menyajikan hasil yang sesuai dengan maksud dari kueri yang diberikan. Faktanya, kesuksesan Google yang berkelanjutan bergantung padanya.

Empat jenis maksud penelusuran (alias pengguna) yang umum adalah:

  • Navigasi – pencarian untuk situs web tertentu.
  • Informasional – pencarian pengetahuan.
  • Komersial – pencarian data (seperti ulasan) untuk membuat keputusan pembelian yang tepat.
  • Transaksional – pencarian untuk melakukan pembelian (tempat membeli).

Cara Mengoptimalkan Untuk Intent Pencarian

  • Periksa SERP untuk frasa kata kunci yang ditarget. Jika hasil teratas tidak sesuai dengan halaman Anda, Anda tidak akan mendapat peringkat. Dengan kata lain, jika Google telah memutuskan bahwa maksud pencarian adalah informasional dan halaman Anda bersifat transaksional, halaman tersebut tidak akan mendapat peringkat yang baik.
  • Jika halaman tidak cocok dengan hasil teratas/maksud pencarian, Anda memiliki dua pilihan:
    • Edit halaman Anda agar sesuai dengan maksud pencarian.
    • Buat halaman baru agar sesuai dengan maksud pencarian.

5. Optimalkan Tautan Internal

Tautan di situs web Anda harus ditempatkan secara strategis, dan Anda harus memastikan bahwa semua tautan juga berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa trik untuk memoles permainan tautan Anda.

Arsitektur Tautan

Kedalaman halaman situs Anda tidak boleh lebih dari tiga klik; peretasan efisiensi yang terkadang dilupakan orang.

Strategi penautan internal yang tepat akan berarti bahwa halaman terbaik Anda muncul di tingkat pertama.

Perbaiki Tautan Rusak & Duplikat

Beberapa pemilik website memiliki kebiasaan mengabaikan tautan yang rusak karena mereka tidak menyadari dampak dari pengalaman pengguna yang buruk yang mereka buat.

Dengan menjalankan perayapan di website dengan alat seperti Sitebulb, Anda dapat dengan mudah menemukan kesalahan 404 dan memperbaikinya dengan cepat.

Kesimpulan

SEO bisa berdampak luar biasa. Sangat mudah untuk terjebak dalam kesalahan dalam optimasi SEO website atau sebaliknya. Karena itu, penting untuk diingat bahwa meskipun di tahun 2022, hanya dengan memperhatikan dasar-dasar seperti yang diuraikan di atas, Anda dapat membawa kesuksesan online bisnis Anda.