Dalam Era Teknologi modern saat ini, memiliki website sangat penting sebagai media promosi, meningkatkan penjualan, mengembangkan prospek dan unggul dalam persaingan. Tetapi, mempunyai website saja hanyalah langkah pertama, website tanpa optimasi dan promosi tidak membuat Anda kedatangan ratusan calon pelanggan bahkan omset yang berlipat ganda dalam sehari.

Waktu muat website (loading) yang lama, peletakan dan navigasi yang rumit, perpanduang warna yang berlawanan, konten yang kurang menarik dapat memberi kesan yang buruk bagi calon pelanggan dan bisnis Anda. Apalagi website sulit diindex oleh mesin pencari (Google, Bing, dll), Ini lebih berbahaya dari semua strategi marketing digital Anda.

Berikut kami mencoba merangkum 5 saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam membuat website yang sukses, meningkatkan peringkat halaman dan mendorong lebih banyak lalu lintas (klien potensial).

1. Website Responsive

Ini mungkin sudah sering dijumpai bagi sebagian orang bahkan dibeberapa website, namun yang mengejutkan masih ada website yang tidak responsif atau kurang dioptimalkan.

Bagi yang kurang mengerti secara teknis, ‘Website Responsive‘ adalah Website yang tampilan halamannya dapat menyesuaikan konten dan mengubah struktur website sesuai pada perangkat yang digunakan, misalnya (Smartphone, Tablet, Laptop, dll).

Website responsive dapat menyesuaikan konten (gambar, video dan teks) dan sistem menu yang kompleks dan bertindak berbeda sesuai perangkat yang digunakan, memastikan kemudahan penggunaan di semua perangkat.

Bukan berarti versi smartphone atau tablet dibuat terpisah, melainkan rancang desain website responsive dengan cerdas dapat mendeteksi ukuran layar perangkat yang digunakan dan memberikan opsi terbaik pada ruang layar perangkat.

Mengapa ini perlu? Sejak bulan April tahun 2015, Google memberikan preferensi bahwa website yang memiliki desain responsive lebih mudah ditemukan ketika dicari melalui perangkat seluler atau tablet.

Apabila saat ini website anda masih belum Responsive, maka sebaiknya segera beralih ke desain yang responsive.

2. Menambahkan ‘Blog’ 

Menambahkan blog dapat menjadi metode yang sangat berguna untuk Search Engine Optimization (SEO). Ketika digunakan dengan benar, Artikel atau tulisan pada Blog dapat menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan peringkat dan pengunjung website.

Anda perlu memperbarui blog Anda secara teratur dengan berita dan artikel dengan rutin agar website tidak basi dan terabaikan. Update blog Anda paling tidak sebulan sekali atau setiap minggu.

Perlu diperhatikan untuk menulis konten yang original dan unik. Google memiliki algoritma yang mampu mendeteksi tulisan yang tidak unik atau tulisan yang di duplikasi.

3. Optimasi Gambar 

Website Anda lambat ketika dibuka? maka ada kemungkinan gambar yang digunakan belum optimal (terlalu besar). Anda dapat mengoptimalkan ukuran gambar sesuai desain website, melakukan kompresi hingga 90% dari ukuran aslinya.

Anda dapat menggunakan perangkat lunak seperti: Photoshop, Gimp, atau plugin wordpress (apabila menggunakan wordpress). Untuk website yang menggunakan WordPress ada plug-in yang bisa digunakan seperti: Kraken, Smush it, dll.

Dengan mengoptimalkan gambar Anda dengan benar, website dapat memuat lebih cepat, memberikan pengalaman yang jauh lebih baik pengunjung website Anda.

4. Menggunakan SSL

Meskipun ini bukan persyaratan baru, namun masih banyak yang belum menyadari pentingnya SSL. Apa itu SSL?

Sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) berguna dalam mengenkripsi informasi yang dikirim antara pengunjung dan halaman web. SSL merupakan file data kecil yang secara digital mengikat kunci kriptografi ke detail organisasi.

Ketika diinstal pada server web, ini mengaktifkan gembok dan protokol https dan memungkinkan koneksi aman dari server web ke browser pengunjung website.

SSL umumnya digunakan untuk mengenkripsi data pada website yang memerlukan keamanan informasi pribadi, kartu kredit, dsb.

Beberapa waktu lalu, Google menyarankan website untuk menggunakan SSL sebagai sinyal pencarian positif (artinya situs yang memiliki Sertifikat SSL lebih baik).

5. Sosial Media

Pemanfaatan Sosial Media yang tepat dapat menjadi cara murah untuk mendapatkan pengunjung website. Kuncinya adalah menggunakan Sosial Media secara efektif dan memiliki integrasi yang tepat dengan website Anda.

Apabila diterapkan dengan benar, postingan yang ditulis dengan baik dan menarik dapat dengan mudah melipatgandakan pengunjung website. .

Similar Posts