jasa-pembuatan-website-terbaik-blackboomedia

Sebelum memutuskan membuat website ada beberapa istilah penting yang perlu Anda ketahui sehingga lebih berdiskusi dan berkomunikasi dengan penyedia layanan jasa pembuatan website pilihan Anda.

1. Domain
Domain adalah nama dari alamat sebuah website yang didaftakan. Kepemilikan domain bersifat tunggal, yang artinya setiap domain yang sudah didaftarkan tidak dapat didaftarkan kembali kecuali kepemilikannya tidak diperpanjang pada periode tertentu (expired).

Periode domain minimal adalah satu tahun, namun anda dapat memesannya dalam jangka yang diinginkan (misal: 2-10 tahun). Jika Anda menggunakan jasa pembuatan website, biasanya domain sudah termasuk dengan paket pembuatan website yang Anda pesan.

2. Hosting
Hosting adalah tempat yang menjadi media penyimpanan file website. Umumnya hosting menyediakan kontrol panel yang digunakan untuk mengatur file website.

Kontrol panel tersebut diproteksi dengan username dan password untuk masing-masing pengguna. Sehingga setiap pengguna, tidak terganggu dengan pengguna website lainnya.

Besarnya kapasitas penyimpanan pada hosting biasanya sudah ditentukan oleh penyedia layanan hosting dan jasa pembuatan website. Anda dapat memilih paket web hosting atau pembuatan website yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Faktor penting yang diperlukan dalam memilih hosting diantaranya: uptime server, kecepatan, fitur dan lokasi hosting.

3. Desain Website
Untuk membuat website Anda dapat melakukannya sendiri atau menggunakan jasa pembuatan website pilihan agar lebih efektif, hemat dan optimal.

Desain website tidak hanya mementingkan tampilan (visual) yang menarik tetapi website didesain agar ringan / cepat ketika diakses melalui berbagai perangkat, seperti: PC, Laptop, Table dan Smartphone.

4. Bandwith
Bandwith adalah kapasitas yang diberikan oleh penyedia hosting untuk lalu lintas pengunjug website.

Kuota dari bandwith umumnya dibatasi, namun saat ini sudah banyak penyedia hosting yang tidak membatasi (unlimited) bandwith.

5. cPanel
cPanel merupakan Control Panel yang diberikan untuk mengotrol dan mengkonfigurasi website Anda.

Didalamnya terdapat berbagai menu untuk mengolah data, mengatur SSL, memilih tipe PHP, statistik pengunjung dan banyak lagi.

Similar Posts