7 tips seo

7 Tips SEO untuk Website Anda

Sebelum kita masuk ke materi SEO untuk website, izinkan saya menyebutkan beberapa hal yang mungkin perlu Anda ketahui tentang SEO.

SEO melibatkan dua strategi yaitu optimasi on-page dan off-page. Pengoptimalan pada halaman terdiri dari semua aktivitas pengoptimalan yang Anda lakukan di situs (atau halaman web) Anda. Ini termasuk pembuatan konten, menambahkan kata kunci dan mengoptimalkan judul dan tag meta. Pengoptimalan di luar halaman adalah setiap aktivitas SEO lainnya yang melibatkan website pihak ketiga seperti komentar blog, blog tamu, pengiriman direktori, pembuatan tautan balik, dan bookmark sosial.

Metode terbaik SEO yang bisa diterapkan untuk Website Anda.

1. Melakukan Riset Kata Kunci Yang Tepat

Kata kunci sebagai faktor peringkat masih menjadi faktor penting. Google dan mesin pencari lainnya masih mengandalkan kata kunci untuk menentukan peringkat website, artinya strategi SEO Anda harus memilih dan menggunakan kata kunci yang tepat.

Google Keyword Planner dapat membantu Anda menentukan daya saing kata kunci atau mencari alternatif kata kunci yang digunakan untuk konten website. Anda juga dapat menggunakan Google Analytics untuk memeriksa kata kunci yang digunakan orang untuk menemukan website Anda. Statistik website Anda adalah sumber ide kata kunci lainnya.

Saat melakukan riset, pikirkan kata kunci yang panjang (longtail). Coba pergunakan kata kunci 3-4 kata untuk mendapatkan peluang lebih tinggi untuk mendapatkan peringkat yang baik.

Masukkan kata kunci pilihan tersebut ke dalam artikel Anda dan pantau peringkatan peringkat website dalam 2-4 minggu ke depan. Ya, SEO memang membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil.

2. Fokus Pada Konten

Konten yang unik, memiliki nilai dan relevan merupakan sumber lalu lintas website Anda. Konten yang unik lebih disukai karena Google tidak menyenangi plagiarisme.

Konten Anda harus memberikan ‘sesuatu’ seperti nilai dan manfaat yang relevan dengan kebutuhan pengunjung website. Menggunakan konten plagiat membuat artikel ‘lebih sulit’ diindex bahkan untuk mendapatkan peringkat dan mendatangkan pengunjung website.

Saat membuat konten jangan lupa untuk menambahkan media lain agar terlihat lebih menarik, seperti gambar, video, presentasi, infografis, dll. Ini dapat meningkakan nilai konten Anda.

Google menyukai website yang di-update secara berkala, jadi usahakan untuk terus memperbarui blog Anda. Anda cukup memposting artikel 1 atau 2 kali setiap minggu. Pastikan memprioritaskan kualitas daripada kuantitas untuk hasil yang maksimal.

3. Desain Website Mobile Friendly

Pergunakan desain website yang dapat dibuka diberbagai perangkat dengan mudah. Dijaman digital saat ini, tidak semua orang membuka website melalui PC atau Laptop. Banyak juga pengunjung website melalui Smartphone atau Tablet. Jika website Anda tidak ramah bagi pengguna smartphone atau tablet, maka besar kemungkinan website Anda akan ditinggalkan.

Google merekomendasikan untuk mengadopsi desain website reponsif, sebuh teknik desain website yang memungkinkan para pengembang untuk membuat website dengan mengikuti pendekatan yang mengutamakan tampilan pada smartphone. Website yang dibangun menggunakan tehnik tersebut akan selalu terlihat dan berfungsi dengan baik diberbagai perangkat.

4. Sosial Media

Pertumbuhan media sosial dalam beberapa tahun terakhir telah menciptakan saluran baru dan menguntungkan untuk SEO website. Bahkan tanpa bersusah payah, Anda dapat melihat potensi lalu lintas yang besar dari media sosial. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk membangun komunitas di sekitar merek dan/atau produk Anda.

Mesin pencari menggunakan penyebutan merek dan konten untuk menentukan peringkat. Alasan di balik pendekatan ini sederhana: Jika lebih banyak orang menyukai, me-retweet, menyematkan, dll. konten Anda pasti bernilai dan sebaliknya.

Gunakan media sosial untuk menciptakan audiens, dan mendorong percakapan dan keterlibatan pengguna.

5. Tingkatkan Kecepatan Muat Halaman

Jika website Anda membutuhkan waktu satu milenium untuk dimuat, Anda akan kehilangan prospek. Anda membuang semua usaha SEO menjadi sia-sia.

Halaman yang lambat menghasilkan rasio pentalan yang lebih tinggi, hilangnya lalu lintas, dan kepercayaan pelanggan.

Jika ingin mengetahui seberapa cepat website Anda, gunakan alat Google Page Insights. Tools ini dapat memeriksa website, memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kecepatan situs Anda (penting untuk diperhatikan bahwa wawasan halaman difokuskan pada pengoptimalan mikro yang terkadang tidak masuk akal untuk dilakukan atau tidak akan memengaruhi website. Faktor terpenting adalah waktu pemuatan aktual, jadi cukup membandingkan waktu pemuatan website dengan pesaing utama bisnis Anda dan memastikan website lebih cepat).

6. SEO-Friendly URLs

Juga dikenal sebagai Pretty Permalinks di WordPress, URL yang ramah SEO adalah komponen kunci dari praktik terbaik SEO WordPress serta pengalaman pengguna.

Misalnya, URL mana yang lebih mudah diingat:

https://www.domainanda.com/article300152
https://www.domainanda.com/?p=3424
https://www.domainanda.com/seo-website

Dari ketiganya, URL mana yang menurut Anda yang “menarik” perayap mesin pencari?

URL ketiga dalam daftar adalah pemenangnya. Gunakanlah URL dengan model seperti ini untuk website Anda.

7. Membangun Backlink

Backlink masih menjadi bagian penting SEO website. Bangunlah backlink secara natural dengan memperhatikan kualitas dan relevansi dengan website Anda.