Lokasi Hosting Pengaruh Terhadap SEO
|

Pengaruh Lokasi Server dan Web Hosting Terhadap SEO

Peringkat SEO website Anda bergantung pada banyak faktor. Misalnya, fokus pada konten website, distribusi penggunaan kata kunci (keywords), dan backlink.

Namun, kecepatan dan waktu respons website juga merupakan salah satu faktor. Lokasi server hosting dapat mempengaruhi waktu pemuatan halaman dan peringkat SEO.

Pada artikel ini, kita akan melihat lokasi server hosting dan bagaimana pengaruhnya terhadap SEO website.

Lokasi server hosting

Lokasi server adalah lokasi fisik pusat data tempat website diletakkan. Pusat data (Data Center) dapat berada berlokasi di mana saja dari seluruh dunia. Saat memilih penyedia web hosting, Anda perlu mempertimbangkan lokasi target audiens bisnis Anda.

Mari kita asumsikan bahwa perusahaan Anda berbasis di Indonesia. Namun, pelanggan utama Anda berbasis di Amerika Serikat. Dalam hal ini, disarankan untuk memilih server yang lebih dekat dengan audiens target Anda, yakni di Amerika.

Saat pengguna mengklik website Anda, data diteruskan dari pusat data ke komputer pengguna melalui jaringan. Tujuannya adalah untuk mentransfer data menggunakan jalur jaringan tercepat atau latensi terpendek.

 

Lokasi server memengaruhi kecepatan situs web.

Lokasi fisik server merupakan faktor penting yang menentukan kecepatan memuat website Anda.

Jika lokasi server Anda berada jauh dari audiens, ini akan menyebabkan keterlambatan dalam transfer data. Akibatnya, pengguna Anda akan menunggu lebih lama ketika membuka website.

Server yang dekat dengan target audiens akan mentransfer data dengan jarak yang lebih pendek. Karena ini, pengguna Anda akan lebih cepat membuka website.

Anda harus memutuskan wilayah lokasi server dan hosting mana yang menawarkan lokasi yang tepat untuk audiens Anda.

Sebuah penelitian Google mencatat bahwa 53% pengunjung seluler cenderung meninggalkan website jika waktu muat halaman (loading) lebih dari 3 detik. Analisis juga menyebutkan bagaimana hal ini berpengaruh langsung pada konversi penjualan dan pendapatan.

Kecepatan website juga faktor yang berkontribusi terhadap peringkat website pada mesin pencari. Untuk meningkatkan kecepatan situs Anda, Anda perlu meletakkan website dekat dengan target pelanggan Anda.

Lokasi server memengaruhi peringkat SEO

Kecepatan halaman mengurangi rasio pentalan. Rasio pentalan (atau sesi satu halaman) adalah Perhitungan pengunjung website masuk dan keluar dari halaman website yang diakses.

Website yang lambat, cenderung memiliki rasio pentalan yang lebih tinggi. Misalnya, rasio pentalan meningkat sebesar 32% seiring waktu muat halaman dari 1 detik menjadi 3 detik.

Kecepatan halaman juga meningkatkan pengalaman pengguna. Dwell time istilah yang digunakan untuk mengukur lama waktu yang dihabiskan penggunjung website.

Situs yang memuat lebih cepat juga lebih mudah dijelajahi oleh mesin pencari. Perayapan dengan mudah menemukan konten yang diperbarui. Konten dapat berupa halaman baru atau perubahan konten yang sudah ada. Perayap dan bot website merayapi website secara teratur untuk pengindeksan dan peringkat website.

Lokasi hosting server yang sesuai dapat membuat situs web Anda dimuat lebih cepat.

Bagaimana Mesin Pencari Melihat Lokasi Server Website Anda

Mesin Pencari seperti Google memiliki algoritma sendiri untuk menentukan peringkat website. Mantan pakar Kualitas Penelusuran Google Matt Cutts ditanya apakah lokasi server hosting memengaruhi peringkat halaman. Tanggapannya:

“Kami mencoba mengembalikan hasil yang paling relevan untuk setiap pengguna di setiap negara. Dan lokasi server dalam hal alamat IP adalah salah satu faktornya.”

Namun, mesin pencari seperti Google dan Bing sekarang menggunakan pendekatan yang lebih global dengan penargetan geografis. Perusahaan yang memiliki server di luar negeri dapat menetapkan negara target melalui webmaster tool.

Jika Anda tidak menetapkan negara target, mesin pencari menggunakan kriteria lain seperti alamat IP server, ekstensi domain, backlink dan konten.

Google sekarang menggunakan ccTLD (domain tingkat atas kode negara) di atas lokasi server. Hasil pencarian Google didasarkan pada relevansi. Jadi, jika website Anda fokus pada satu wilayah untuk audiens Anda (contoh: Indonesia), maka menggunakan ekstensi domain .co.id dan .id berpeluang mendapatkan peringkat lebih tinggi.

Menggunakan CDN untuk kecepatan

Content Delivery Network (CDN) adalah sekelompok server yang didistribusikan di seluruh dunia. Ini membantu meminimalkan latensi dengan mengurangi jarak fisik antara server dan pengguna. CDN menyimpan cache konten website di beberapa lokasi geografis.

Tanpa CDN, server utama harus menanggapi setiap permintaan pengguna. Akibatnya, server kewalahan dengan permintaan, yang menyebabkan transfer data menjadi lambat.

Respons CDN terhadap permintaan dari lokasi proksimal pengguna. Saat pengguna mengklik website Anda, beberapa konten dimuat dari server CDN terdekat. Sisanya dimuat dari server hosting Anda.

CDN membantu mempercepat pengiriman halaman website. Selain itu, jika Anda memiliki basis pelanggan global, CDN membantu mengurangi beban server dan meningkatkan waktu respons.

 

Lokasi server dan web hosting memengaruhi kecepatan website dan peringkat SEO. Semakin jauh lokasi server Anda dari target pengguna, semakin lambat situs web Anda.

Perusahaan memilih server di luar negeri untuk menghemat biaya atau untuk infrastruktur server yang lebih baik. Meskipun mungkin tampak seperti pilihan yang baik, namun manfaat ini berumur pendek.

Kecepatan website merupakan salah satu faktor peringkat website. Oleh karena itu, sebelum membuat website dan memilih hosting, selain fitur yang diberikan, Anda juga harus memperhatikan pemilihan lokasi server hosting yang akan digunakan.