Tips Pilih Domain

Sebelum membuat website ada banyak faktor yang perlu Anda perhatikan diantaranya adalah nama domain

Agar dalam pembuatan website anda nantinya berjalan lancar, mungkin beberapa tips berikut dapat menjadi referensi.
Berikut Tips dalam Memilih Domain Website

1. Nama Domain Terkait Topik Produk/Jasa Anda

Keterkaitan nama domain dengan produk atau jasa yang ditawarkan pada website Anda. Misalnya, Blog Anda menawarkan produk-produk kesehatan, maka sebaiknya domain yang Anda pilih masih terkait dengan dunia kesehatan, misalnya: tipssehat.com, infosehat.com, dsb.

2. Nama Domain yang Mudah Diingat

Pilihlah Nama domain yang simpel, tidak terlalu rumit, mudah diingat dan sesuai dengan target lokasi atau pangsa pasar Anda. Misalnya : Blog tentang informasi seputar kesehatan menggunakan nama domain tipssehat.com. Domain ini simpel dan mudah diingat.

Sesuaikan juga antara nama domain dengan konten website. Bila target Anda adalah pengunjung yang berasal dari Indonesia, maka nama domain dan konten website menggunakan Bahasa Indonesia.

3. Utamakan Domain TLD (Top Level Domain)

Usahakan untuk mencari domain TLD terlebih dahulu, utamanya .com. Karena Domain TLD .com adalah level domain yang paling tinggi dan yang paling mudah diingat. Jika nama domain yang anda inginkan sudah dipakai, cobalah untuk menggunakan penghubung misalnya tips-sehat.com, info-sehat.com, dsb.

Dan jika domain yang anda inginkan benar-benar sudah dipakai, barulah Anda mencoba menggunakan Domain TLD yang lainnya, seperti: .net,.info, dsb.

4. Hindari Nama Domain yang Melanggar Hukum 

Hindari memilih domain yang melanggar hukum di Indonesia, seperti nama atau istilah yang berbau SARA, Narkoba, Judi, dsb. Menggunakan nama domain yang bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia dapat menyebabkan website anda akan di blok dan tidak bisa dibuka.

5. Domain yang SEO Friendly

Carilah domain yang SEO Friendly namun masih sesuai dengan konten website anda. Domain yang SEO friendly biasanya memiliki kriteria sebagai berikut: Nama domain pendek atau terlalu panjang (kurang dari 10 huruf), menggunakan .com, mengandung kata kunci (keyword on domain), tidak mengandung tanda penghubung (-), tidak mengandung angka.

Similar Posts